Kelebihan dan Kekurangan dan Manfaat Blog, Blogger dan Wordpress

Tabel of Content [View]
Pengertian Blog, Blogger dan Wordpress

Ø  Blog (singkatan dari web log) adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Ø  Blogger adalah suatu media internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis.
Ø  Wordpress adalah Sebuah aplikasi sumber terbuka (Open Source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. Wordpress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. Wordpress mulai digunakan sebagai CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
Persamaan dan perbedaan Wordpress dan Blogger (Blogspot)
Selain memiliki Wordpress dan Blogger memiliki persamaan, tetapi juga mempunyai perbedaan salah satu faktor yang sangat penting dari Wordpress.org ini adalah tersediannya banyak plugin-pulgin gratis untuk meningkatkan performa blog. Plusin ini yang pasti tidak tersedia di blogger.com, jadi ini adalah perbedaan dari keduanya. Ada plugin yang ditawarkan di Wordpress.org untuk membuat blog anda lebih unggul pada [encari dan banyak jenis plugin lainnya untuk berbagai kegunaan dibandingkan dengan blogger.com yang tidak memiliki plugin.
Salah satu yang perlu diingat, inti perbedaan dari keduanya ini adalah bahwa dengan wordpress anda memiliki kontrol penuh atas blog anda, sedangkan pada blogger.com anda tidak memilikinya. Memiliki kontrol penuh dari blog kita itu sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap pengguna, jika anda membuat sebuah blog untuk keperluan bisnis berjangka panjang.
Manfaat dan kegunaannya
Blog ini mempunyai fungsi atau manfaat yang beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media lainnya dan perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.
Kelebihan dan Kekurangan Blogger dan Wordpress
Kelebihan:
-         -    Milik Google
-         - User Friendly (Mudah digunakan oleh pengguna)
-         - Proses pendaftran akun baru mudah dan praktis
-         - Mudah dan praktis
-         -  Bisa dimodifikasikan sesuai dengan keinginan pengguna
-         -  Bisa digunakan untuk berbisnis online
-        -   Bisa memiliki beberapa blog dalam satu akun
-        -   Dapat membuat halaman page
-        -   Dapat memposting melalui E-mail dan MMS di HP
-        -   Bisa untuk mengupload gambar dan video
-        -   Mudah ditemukan dimesin pencari Google
-        -   Maintenance mudah
-        -  Banyak sumber referensi yang tersedia
-        -   Biaya murah
-         -  Terintegrasi dengan Google Account

Kekurangan:
-         -  Tampilannya sederhana dan biasa saja
-         -  Menulis artikel diblogspot kurang leluasa
-         -  Terikat dengan peraturan Google
-         -  Ketergantungan pada Google
-         - Masih memiliki resiko Banned
-         -  Template bawaan sangat sedikit
-         -  Tidak ada tags (keyword)
-         -  Rentan terhadap virus
-         -  Rentan terhadap hacker
-         -  Proses pemberian komentar terlalu ribet
-         -  Resiko kejahatan Tinggi